Tutorial: Cara Menulis Surat Permohonan Corporate Rate Hotel

Pendahuluan



Corporate rate adalah tarif khusus yang diberikan oleh hotel kepada perusahaan atau organisasi yang memiliki kesepakatan khusus dengan hotel tersebut. Tarif khusus ini biasanya diberikan untuk tamu-tamu yang sering menginap di hotel tersebut. Untuk mendapatkan tarif khusus ini, perusahaan atau organisasi harus mengajukan surat permohonan corporate rate kepada hotel. Nah, pada artikel ini saya akan membahas cara menulis surat permohonan corporate rate hotel.


1. Isi Surat



Isi surat permohonan corporate rate harus jelas dan terperinci. Tuliskan nama perusahaan atau organisasi, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Jangan lupa untuk menyebutkan nama hotel yang dituju dan alamat lengkapnya. Sertakan juga detail mengenai kebutuhan perusahaan atau organisasi, seperti jangka waktu dan jumlah kamar yang diperlukan.


2. Bahasa yang Digunakan



Gunakan bahasa yang sopan dan profesional dalam surat permohonan corporate rate. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu informal atau kasual. Pastikan juga bahwa tata bahasa dan ejaan yang digunakan sudah benar dan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.


3. Penjelasan mengenai Perusahaan atau Organisasi



Sertakan penjelasan singkat mengenai perusahaan atau organisasi yang mengajukan permohonan corporate rate. Jelaskan mengenai bidang usaha perusahaan atau organisasi, visi dan misi, dan kegiatan yang dilakukan. Hal ini akan membantu hotel untuk memahami lebih banyak mengenai perusahaan atau organisasi yang mengajukan permohonan.


4. Penjelasan mengenai Kegiatan yang Dilakukan di Hotel



Jelaskan kegiatan apa yang akan dilakukan di hotel dan alasan mengapa hotel tersebut dipilih. Jangan lupa untuk menekankan bahwa perusahaan atau organisasi akan menjadi tamu yang sering menginap di hotel tersebut.


5. Penjelasan mengenai Manfaat bagi Hotel



Sertakan penjelasan mengenai manfaat yang akan didapatkan oleh hotel apabila menyetujui permohonan corporate rate. Jangan hanya menekankan manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan atau organisasi saja.


6. Kesimpulan



Jangan lupa untuk menuliskan kesimpulan pada surat permohonan corporate rate hotel. Ulangi kembali mengenai kebutuhan perusahaan atau organisasi, manfaat yang akan didapatkan oleh hotel, dan ucapan terima kasih atas perhatian pihak hotel atas permohonan yang diajukan.


7. Penandatangan



Pastikan surat permohonan corporate rate sudah ditandatangani oleh pihak yang berwenang di perusahaan atau organisasi. Jangan lupa untuk mencantumkan nama dan jabatan pada tanda tangan tersebut.


8. Lampiran



Sertakan lampiran yang mendukung permohonan corporate rate, seperti proposal kegiatan atau daftar tamu yang sering menginap di hotel tersebut. Lampiran ini akan membantu hotel dalam mempertimbangkan permohonan.


9. Pengiriman



Pastikan surat permohonan corporate rate sudah dikirimkan ke alamat yang benar dan tepat waktu. Jangan lupa untuk mencantumkan alamat email dan nomor telepon yang bisa dihubungi untuk konfirmasi.


10. Follow Up



Jangan lupa untuk melakukan follow up setelah mengirimkan surat permohonan corporate rate. Tanyakan mengenai status permohonan dan apakah ada informasi tambahan yang diperlukan oleh hotel. Hal ini akan menunjukkan bahwa perusahaan atau organisasi serius dalam mengajukan permohonan.
Demikianlah tutorial mengenai cara menulis surat permohonan corporate rate hotel. Semoga artikel ini bermanfaat bagi perusahaan atau organisasi yang ingin mendapatkan tarif khusus dari hotel.

close